Jumat, 21 Juni 2024, WIB
Breaking News

Senin, 14 Agu 2023, 12:44:35 WIB, 353 View Anthon Pradana, Kategori : Berita

JAMBI, AKADEMICANEWS.COM – Mahasiswa Universitas Muara Bungo (UMB) berhasil menorehkan prestasi gemilang pada Pekan Olahraga Provinsi XXIII Jambi 2023, Jumat (11/07/2023).

Dua Mahasiswa yang tergabung dalam cabang olahraga Muaythai tersebut yakni Mutiara Kumala Sari, Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Erik Epandra, Mahasiswa Fakultas Pertanian Prodi Agribisnis.

Mutiara Kumalasari berhasil unggul pada babak final mengalahkan atlet Muaythai dari Kerinci pada kelas senior 60 Kilogram, dan Erik Epandra berhasil menjadi juara pada nomor 54 kilogram.

Rendhi Zilfiando, ketika dihubungi tim akademicanews via telepon seluler, menyampaikan rasa syukurnya atas raihan prestasi yang luar biasa tersebut.

"Alhamdulillah, ini merupakan buah kerja keras dan juga doa dari semuanya, Mahasiswa kita dari Universitas Muara Bungo bisa memberikan medali Emas pada cabor Muaythai", Ujar Rendhi kepada Akadademica News.

Pria yang menjabat sebagai Bendahara Yayasan Pendidikan Mandiri Muara Bungo ini menjelaskan, bahwa atlet Muaythai ini merupakan atlet aktif di Akademi Muaythai Siberugo Bungo dan UKM olahraga Muaythai UMB.

"Atlet kita ini adalah atlet UMB aktif. Saya juga punya Akademi Muaythai bernama Siberugo dan juga UMB saat ini sudah memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Muaythainya. Kita bersyukur atas dua atlet putra dan putri kita ini dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Perikanan mampu menorehkan prestasi gemilang untuk UMB", Kata Pria yang dipanggil Pak Ando ini.

Ia juga mengatakan bahwa ada mahasiswa UMB yang terlibat pada cabor-cabor lainnya seperti cabor karate yang berpeluang meraih medali dan cabor arum jeram.

"Kita juga memiliki Mahasiswa UMB pada cabor-cabor lainnya seperti karate yang mudah-mudahan berpeluang meraih medali, kita doakan bisa Emas", Ucapnya.

Kebahagian dan kebanggaan Ando terpancar ketika mendampingi dan memberi dukungan langsung di gelanggang Poprov ketika dua atlet terbaik UMB ini merengkuh kemenangan hingga Emas tersarung di leher mereka.

"Jujur, saya sangat bahagia dan bangga dengan atlet kita. Erik yang sudah saya bina dari awal, saya suport dari awal dan sebelum pertandingan kemarin saya komitmen berdua dengan Erik-saya akan tonton. Dan saya terharu, ketika di gelanggang itu kemenangan bisa di raih. Saya menangis dan dia juga menangis, karena tahu bagaimana perjuangan dari awal", Katanya dengan suara bergetar.

Pria yang juga merupakan atlet Softball terbaik Nasional yang juga telah banyak mengalungkan medali ini berharap, dengan raihan prestasi dari atlet-atlet berbakat ini, Yayasan akan terus memberi dukungan penuh.

"Yang jelas, Mahasiswa berprestasi saya akan suport. Sudah seharusnya seperti itu, dukungan dari banyak pihak. Kami dari Yayasan akan mebahas di pertemuan Yayasan. Ya, kita harus apresiasi dan beri penghargaan, minimal bonuslah. Karena ini telah mengharumkan nama UMB, apalagi nanti akan ada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) yang kemungkinan akan digelar di Provinsi Jambi juga. Dan ini setara Nasional, seperti PON. Jadi kita akan terus mengirimkan atlet-atlet UMB ketingkat berikutnya secara berkesinambungan. Semoga adanya apresiasi ini dapat mebantu mereka terus memacu motivasi dan spirit bertanding kedepannya", Jelas Ando.

Disamping itu, dua atlet Muaythai peraih emas ketika juga di hubungi Akademica News mengungkapkan kebahagian yang tak terbendung.

Mutiara mengucapkan rasa syukur atas prestasi yang baru saja ia raih. Medali tersebut ia persembahkan kepada keluarga, sahabat dan juga almamaternya yakni Universitas Muara Bungo.

"Senang sekali dan bersyukur, dan saya sampaikan terimakasih kepada semua yang ikut mendukung, keluarga, teman-teman dan Universitas Muara Bungo" ungkap Mutiara.

Mahasiswi yang mengambil Program Studi Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan ini juga mengutarakan rasa terimakasihnya kepada Rendhi Zilfiando yang telah datang langsung memberi dukungan kepadanya.

Pun takkalah bahagianya juga yang dirasakan Erik Epandra. Ia menceritakan proses panjang kala persiapan Poprov belum berlangsung. Mahasiswa Program Studi Agribisnis ini mengucapkan rasa syukur dan terimakasih atas dukungan yang diberikan Bendahara Yayasan tersebut.

"Saya berterimakasih kepada semua pihak di UMB, terutama Yayasan. Semoga apa yang kita raih ini menjadi motivasi untuk semua atlet-atlet berbakat di UMB. Apapun penghargaan dan apresiasi Yayasan yang diberikan kepada kami, kami akan bersyukur dan menerimanya", Ungkap Erik.

Berikut ini pesan kedua atlet terbaik UMB ini, usai perbincangan singkat Akademica News melalui Via Chat WhatsApp.

Apresiasi dari Pihak Fakultas

Selain itu, Dekan Fakultas Perikanan, Rini Hertati, juga turut memberi ucapan selamat dan merasa bahagia. Saat dihubungi, Ia mengatakan bahwa Fakultas Perikanan dan Pertanian begitu mendukung Mahasiswa berbakat mengikuti kejuaraan Poprov.

"Pengiriman atlet Muaythai dari Fakultas Perikanan pada ajang olahraga terbesar di Provinsi Jambi ini merupakan wujud partisipasi Fakultas di UMB. Perguruan tinggi tak hanya menjadi ruang pembelajaran dan penelitian, namun juga sebagai lembaga yang mendukung tumbuh dan berkembangnya prestasi lain seperti dunia olahraga", Kata Rini.

Ia juga mengungkapkan bahwa peraihan Medali Emas ini merupakan prestasi yang membawa kebanggaan untuk UMB.

"Senang sekali dan bangga, Mahasiswa kita mengharumkan nama Kampus. Saya juga sudah berkordinasi dengan pihak Fakultas untuk memberikan ucapan selamat melalui media. Ini luarbiasa Mas, kita akan menyambut mereka", Ujarnya.

Mendengar bahwasanya Bendahara Yayasan turut meberikan dukungan langsung kepada para Mahasiswa tersebut dan akan memberika apresiasi ketika mereka tiba, Ia menyampaikan rasa terimakasih.

"Yayasan kita saat ini adalah orang-orang terbaik. Sangat terasa sekali tingginya kepedulian dan dukungan besar Yayasan. Ini akan menjadi penyemangat para Mahasiswa yang berbakat untuk terus berprestasi membawa nama UMB. Saya sangat berterimakasih kepada Yayasan", Imbuhnya.

Emas dari Cabor Arung Jeram

Dua dari kiri depan: Andriansah, Mahasiswa Fakultas Pertanian peraih emas cabor Arung Jeram.

Hal yang sama juga turut disampaikan Dekan Pertanian, Setiono, SP.,MP yang turut memberikan ucapan selamat. Setiono mengatakan bahwa ada dua Mahasiswa dari Fakultas Pertanian yang meraih Medali Emas yakni Erik Epandra pada cabor Muaythai dan Andriansah pada cabor Arung Jeram.

"Selamat untuk Mahasiswa kita Erik dan rekannya, selain itu ada juga Mahasiwa Fakultas Pertanian atas nama Andriansah yang juga meraih Emas pada Arung Jeram. Keduanya Prodi Agribisnis. Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi Mahasiswa lainnya untuk dapat meraih prestasi sesuai dengan Minat dan Bakat yang dimilikinya," Ujar Setiono.

Ia juga mengutarakan bahwa, apa yang telah diraih atlet-atlet Mahasiwa UMB merupakan prestasi yang patut dibanggakan. Para atlet telah mampu menunjukkan kemampuan terbaik mereka di berbagai cabang olahraga. Hal itu menjadi kebanggaan tersendiri bagi lembaga kampus.

Menurutnya, prestasi yang ditoreh saat ini merupakan bukti dari kualitas pendidikan yang diberikan oleh UMB. Tidak hanya fokus pada aspek akademik, namun juga membuka ruang untuk mahasiswa mengembangkan dan mendalami aspek non-akademik seperti olahraga.

“Hal ini menjadi salah satu hasil dari upaya yang terus kami lakukan untuk memberikan pendidikan yang berkualitas, baik dari segi akademik maupun non-akademik seperti olahraga. Sebagai bentuk apreasi kita terhadap prestasi para atlet, kita akan menyambut kedangan mereka dan akan memberikan penghargaan dan apresiasi bagi atlet mahasiswa peraih medali. Semoga ini dapat memacu mahasiswa untuk terus mengembangkan kemampuan diri mereka dalam meraih prestasi", Jelasnya. (HBS)

sumber : https://www.akademicanews.com/read/mahasiswa-universitas-muara-bungo-raih-emas-cabor-muaythai-porprov-jambi-2023



Kegiatan Pembekalan dan Sertifiaksi Program Vokasi Bidang Konstruksi
Minggu, 01 Okt 2023, 19:44:45 WIB, Dibaca : 1638 Kali
Memaknai Kemerdekaan bagi Insan di Dunia Pendidikan
Jumat, 18 Agu 2023, 09:33:25 WIB, Dibaca : 810 Kali
Yok kuliah di UMB ....
Senin, 14 Agu 2023, 12:56:55 WIB, Dibaca : 410 Kali

Tuliskan Komentar