Jumat, 21 Juni 2024, WIB
Breaking News

Minggu, 05 Mar 2023, 22:13:48 WIB, 2086 View Hermanto, Kategori : Pengabdian

BUNGO, Yayasan Pendidikan Mandiri Muara Bungo (YPMMB) melalui Universitas Muara Bungo telah siap menggelar Seminar Nasional. Berbagai persiapan telah dilakukan para panitia pelaksana pada minggu (5/3) di BallRoom Semagi Hotel. Panitia pelaksana beserta pihak seperti Ketua Yayasan, Andriansyah dan Rektorat diantaranya Rektor Universitas Muara Bungo, Supriyono, turut hadir memantau para panitia bertugas mempersiapkan tempat dan kebutuhan acara. Selain itu juga, terlihat hadir Wakil Rektor II Eryasi Daryati, dan Wakil Rektor III, Khairun A Roni tiba ke lokasi hotel semagi.

Seperti yang telah dilansir melalui berita umb-bungo.ac.id, Press Rilis Ketua Yayasan, serta ketua Panitia Pelaksana, Persiapan Seminar Nasional yang bertema Pemetaan Potensi Ketahanan Pangan yang berbasis rumah tangga di pedesaaan tersebut siap digelar pada senin 6 Maret 2023. Persiapan tesebut langsung dipimpin oleh Mulia Jaya selaku ketua pelaksana, didamping Dedi Epriadi sebagai sekretaris.

Dedi Epriadi mengkonfirmasi bahwa persiapan seminar senin mendatang pihak Yayasan Universitas Muara Bungo dan Rektorat serratus persen siap melaksanakan acara. Sebelumnya selama persiapan Dedi menjelaskan bahwa telah banyak dilakukan pertemuan-pertemuan berbagai pihak dalam menyukseskan acara tersebut. Pihak-pihak tersebut yakni Pemerintah Kabupaten Bungo diantaranya Bupati Bungo dan pihak undangan anggota DPR RI dari Komisi V, H. Bakri.

Sasaran kegiatan untuk empat instansi diantaranya Ketahan Pangan, Badan Pemberdayaan Masyarakat Daerah, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Pertanian dan 141 Desa/Dusun di enam belas Kecamatan, merupakan kegiatan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten, Komisi V DPR RI, dengan Yayasan Universitas Muara Bungo.

“Ada beberapa diskusi dan dialog yang kita lakukan selama persiapan ini, diantaranya pihak Pemeritah Kabupaten Bungo, Pihak Komisi V DPR RI hingga Pemerintah Dusun” Kata Dedi.

Kepala Bidang Penelitian Universitas Muara Bungo ini menyebutkan bahwa awal persiapan yang telah dilakukan dari kesekretariatan dimana pihak panitia pelaksana memfilter para peserta acara seminar.

“Yang kita lakukan awalnya adalah mempersiapkan data kesekretariatan, kita memfilter para peserta. Karena ini temanya ketahanan pangan tentu sasaran kita adalah desa-desa atau dusun yang ada di Kabupaten Bungo dan tentunya kita juga melibatkan beberapa instansi lainnya. Adapun instansi itu adalah Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Pertanian, Pemerintah Dusun dan Perguruan Tinggi”. Ungkap Dedi.

Persiapan panitia pelaksana yang telah selesai tersebut kemudian dilakukan pematangan akhir, Dedi menyampaikan bahwa persiapan akhir dilakukan pada minggu dan berharap ini acara berjalan dengan sukses, tepat sasaran dan memiliki output yang bermanfaat besar salah satunya desa-desa tersebut dapat menjadi desa binaan Universitas Muara Bungo.

Selama persiapan seminar akbar tersebut, Dedi menjelaskan bahwa tidak memiliki kendala apapun. Rancangan dan konsep matang membuat panitia dapat menyelesaikan keperluan-keperluan penting dengan cepat.

“Selama persiapan kita belum menemukan kendala apa-apa, karena semua sudah terancang. Ada pembagian tugas masing-masing divisi kepanitiaan mempercepat proses persiapan”. Ujarnya.

Selain itu, konsep acara yang berlangsung, panitia menghadirkan nuansa tradisional. Dedi menjelaskan bahwa acara yang seminar ini sengaja dirancang sedemikian rupa agar dekat dengan kearifan lokal khususnya daerah Bungo. Koordinasi divisi acara bersama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM Seni) Universitas Muara Bungo diharapakan dapat menambah kemeriahan acara, disamping mempromosikan kebudayaan asli Bungo juga dapat menghibur para tamu serta undangan.

“Kepanitiaan divisi acara kita, sudah berkoordinasi dengan UKM Seni Universitas Muara Bungo untuk penampilan tari. Kemudian kita akan tampilkan tradisi kesenian lokal salah satu daerah di Kabupaten Bungo yaitu ‘Dideng’. Kita akan menghadirkan nuansa kearifan lokal, dan bahkan kita juga menyuguhkan hidangan khas tradisional. Hidangan seperti kue-kue itu kita dapatkan dari UMKM dari tiap-tiap dusun”. Jelas Dedi

Hal menarik dari persiapan dan konsep acara yang akan dihadirkan ini tentu semakin membuat penasaran, mengapa tidak, sekretaris panitia ini menambahkan bahwa pihak kepanitiaan juga akan menyiapkan tenda-tenda sebagai stund bagi UMKM dari dusun-dusun untuk mempromosikan produk-produk kreatif mereka. Setelah dikonfirmasi, lokasi pelaksanaan acara yang strategis, panitia pelaksana akan menyiapkan beberapa tempat untuk stand secara indoor dan outdoor.

“Kita juga membuka kesempatan bagi tiap-tiap desa yang memiliki UMKM untuk di pamerkan, silahkan. Kita sudah siapkan baik itu indoor dan outdoor, tergantung mereka memilih di mana. Dan itu juga mungkin dari pihak perusahaan swasta nanti, perbankan, dan bebrapa perusahaan lain yang ingin menempati stand juga bisa.” Tambah Peneliti muda ini.

Menyangkut pihak perusahaan swasta yang akan hadir, Dedi menyebutkan, ada beberapa pihak korporasi swasta yang terlibat dalam kegiatan ini dikarenakan telah terjalin kerjasama sebelumnya dengan kemahasiswaan Universitas Muara Bungo. Kemudian pihak perbankan juga hadir sebagai pemateri dalam seminar sehari tersebut dengan sasaran Badan Usaha Milik Desa untuk mengembangkan UMKM di desa-desa.

“Mudah-mudahan dari kegiatan ini ada perguruan tinggi-perguruan tinggi lain membentuk kegiatan yang sama. Dan sebenarnya harus ada, karena selama inikan belum ada di Jambi wilayah barat. Tapi, yang jelas Universitas Muara Bungo adalah penggagas dan pelaksana pertama. Mungkin kampus lain pernah merencanakan, namun lebih gregetlah Universitas Muara Bungo dalam merealisasikannya, Alhamdulillah menjelang acara hingga detik ini kita siap menyukseskan acara ini”. Pungkasnya mantap.

Undangan yang telah disebarkan dan support menambah optimistis panitia kegiatan seminar nasional ini berjalan lancar dan berhasil.(HBS)



Kegiatan Pembekalan dan Sertifiaksi Program Vokasi Bidang Konstruksi
Minggu, 01 Okt 2023, 19:44:45 WIB, Dibaca : 1637 Kali
Yok kuliah di UMB ....
Senin, 14 Agu 2023, 12:56:55 WIB, Dibaca : 409 Kali
Perkuat Peran Koperasi, Universitas Muara Bungo Bantu KUD Dalam Program Replanting
Senin, 14 Agu 2023, 12:51:51 WIB, Dibaca : 352 Kali

Tuliskan Komentar